Peran LPS Dalam Mendukung Stabilitas Sistem Perbankan - SriRawung's Blog

Peran LPS Dalam Mendukung Stabilitas Sistem Perbankan

Posted

Industri perbankan Indonesia terus bertransformasi. Komisi XI DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) untuk memperoleh masukan mengenai calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022. Saat itu, kedua asosiasi bankir ini menganggap ke-14 nama yang diajukan pemerintah baik. By OJK Indonesia Kumpulan informasi dan berita terkait Otoritas Jasa Keuangan. Wakil Presiden Budiono mengatakan, UU OJK sejatinya akan menentukan arah bidang keuangan di Indonesia, lembaga ini dinilai cukup ampuh sebagai satu otoritas pengawas karena digagas sejak awal mula krisis melanda tanah air melalui rancangan UU BI baru yang diusulkan di era Presiden BJ habibie.
Fintech Berbasis Simpan Pinjam Selesaikan Urus Izin Di OJK
JAKARTA - Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia segera merilis kebijakan dan menciptakan sejumlah instrumen untuk menjaring dana-dana asing dan valuta asing masuk ke Indonesia. Di lain pihak, Pemerintah juga dapat menghadiri Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia dengan hak bicara tetapi tanpa hak suara. Lebih lanjut, Bank Wakaf Mikro diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan masyarakat bawah.
Nelson mengatakan dari sisi ketentuan permodalan, perbankan yang masuk dalam kategori bank sistemik sudah diatur secara rinci dalam Undang-Undang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK). Sejak tahun 1970-an, perbankan syariah telah muncul sebagai suatu kenyataan yang baru di dunia keuangan internasional. Imbas tersebut akan kian kuat jika kedua negara memiliki fondasi ekonomi yang sama-sama rapuh, seperti halnya Indonesia dan Thailand.
KEPULAUAN SERIBU- PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BBII) berencana menerapkan sistem perdagangan komoditas dengan memakai yuan atau reminbi. Tekanan juga dialami Bank Internasional Indonesia (BII) lantaran penyaluran kredit masih seret. Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan kredit pada Januari 2018 baru sebesar tujuh persen. Mengingat perbankan mendominasi sektor keuangan, maka bobot yang lebih besar diberikan kepada indikator perbankan (dalam hal ini NPL).
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan sejak tahun lalu perbankan telah melakukan penanganan kredit macet lewat penghapusan serta pembentukan pencadangan. 5 BI selaku otoritas moneter dan sistem pembayaran berwenang mengatur dan mengawasi seluruh aspek perbankan dalam rangka perumusan dan pelaksanaan kebijakan moneter dan sistem pembayaran. Sektor-sektor lainnya tersebut walaupun banyak menyerap tenaga kerja (labor intensive) namun relatif masih belum cukup menarik bagi perbankan untuk berperan aktif dalam pembiayaannya sehingga masih belum banyak menerima pembiayaan kredit Perbankan1.
Dibandingkan dengan keadaan sebelum krisis hal ini berati bahwa sampai kebijaksanaan terakhir tersebut telah lebih dari 60 bank dicabut ijin usahanya atau ditutup menurut istilah yang, meskipun kurang tepat secara hukum, lebih menggambarkan kenyataan yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu, Menteri Keuangan, Gubernur BI, Ketua DK OJK, dan Ketua DK LPS berwenang mengambil dan melaksanakan keputusan untuk dan atas nama institusi yang diwakilinya dalam rangka pengambilan keputusan FKSSK (vide Pasal 45 ayat (3) UU OJK).
Sementara itu, lapangan usaha yang paling tinggi menyerap kredit dari industri bank umum pada Juli 2016 yakni perdagangan besar dan eceran senilai Rp806,02 triliun, disusul industri pengolahan Rp737,14 triliun dan pertanian, perburuan dan kehutanan mencapai Rp263,48 triliun. Setiap Bank yang melakukan kegiatan usaha diwilayah Negara Republik Indonesia wajib menjadi peserta penjaminan , kecuali Badan Kredit Desa.
PT RIFANFINANCINDO
Pasal 4 UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK menyebutkan bahwa OJK dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, akuntabel dan mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen maupun masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keyakinan bahwa ULN dapat berperan secara optimal dalam mendukung pembiayaan pembangunan tanpa menimbulkan risiko yang dapat memengaruhi stabilitas makroekonomi," kata bank sentral.
Wimboh mengatakan, KSSK khususnya OJK mengidentifikasi beberapa bank yang sudah hampir masuk dalam garis batas berisiko sistemik. Menurutnya, negosiasi mengenai kriteria-kriteria yang masuk QAB terus dilancarkan secara bilateral OJK sebelum kerjasama multilateral terjadi. JAKARTA okezone- Bank Indonesia (BI) menyebutkan, posisi utang luar negeri pemerintah Indonesia sampai Februari 2016 masih cukup besar jika dibandingkan dengan utang luar negeri yang dilakukan oleh korporasi.
Konsumsi Rumah Tangga Di 2018 Diprediksi Naik Tinggi Karena Ini
Lagi-lagi, efisiensi menjadi tantangan serius dalam menghadapi era persaingan bebas Masyarakat Ekonomi Asean sektor perbankan pada 2020. Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad menuturkan, penyusunan recovery plan ini sesuai dengan pasal 21 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016. Sumber dana ini merupakan sumber dana terpenting bagi kegiatan operasi bank dan merupakan ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini.

Comments (0)

Add Comment
Comments Options
Sort comments by:





blog archive


get in touch

You must login or register in order to get in touch.